masalah kutil kelamin

Terkadang seseorang yang sudah mengalami kutil kelamin ataupun genital warts enggan untuk berobat kepada pihak dokter dikarenakan karena malu karena pada umumnya kutil tersebut timbul di kelamin baik pada wanita maupun pada pria dan jika kutil tersebut tidak segera diobati maka dikhawatirkan bisa menyebar kepada pasangan Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang dimana pertumbuhan kutil tumbuh pada area kelamin atau pada sekitar anus yang disebabkan oleh beberapa jenis Human papiloma virus (HPV).

Diketahui ada lebih dari 100 jenis HPV dan Beberapa jenis HPV menghasilkan kutil pada berbagai bagian tubuh, seperti kutil pada kaki dan kutil tangan dan beberapa jenis lainnya dapat menyebabkan genital warts diketahui genital warts dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui hubungan badan.

Mengalami Kutil Kelamin, Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar genital warts berukuran sangat kecil berbentuk datar sehingga sangat sulit untuk dilihat oleh mata telanjang, dan biasanya seseorang yang mengalaminya akan terasa gatal-gatal pada area kelamin.

Selain itu yang perlu Anda waspadai adalah beberapa genital warts juga dapat tumbuh secara berdekatan atau membentuk kelompok yang lebih besar dan pastinya akan membuat seseorang yang mengalaminya akan merasa malu, dan ada baiknya Anda segera mengatasi hal tersebut dengan ke Klinik Utama Gracia.

Biasanya kutil kelamin bisa hilang dengan berbagai pengobatan genital warts, ada baiknya bicarakan dengan dokter Anda untuk menentukan pengobatan mana yang terbaik untuk Anda.

Menggunakan Obat Oles

Diketahui terdapat beberapa obat yang bisa dioleskan langsung ke genital warts, tergantung dimana lokasinya seperti gejala herpes. Beberapa resep perawatan warts genital bisa digunakan di rumah dan perawatan lainnya harus dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan Anda.

Perlu Anda ketahui juga bahwa beberapa pengobatan genital warts bisa menyebabkan ketidaknyamanan, dan beberapa tidak bisa digunakan oleh wanita selama masa kehamilan.

Diangkat Melalui Cara Pembekuan

Cara selanjutnya untuk menghilangkan genital warts adalah dengan cara membekukan nya hal ini disebut cryotherapy ataupun Anda bisa menghilangkan kutil dengan cara operasi atau dengan laser dan dalam beberapa kasus genital wart diobati dengan suntikan interferon.

Seperti semua obat pada umumnya pengobatan genital warts memiliki risiko dan efek samping, sehingga penyedia layanan kesehatan dapat menjelaskannya kepada Anda dan membantu Anda mengatasi efek samping dari perawatan Anda.

Setelah Pengobatan Kutil Kelamin Ada Baiknya Anda Melakukan Hal Ini:

  • Menjaga kebersihan area kelamin
  • Jangan menggaruk kutil
  • Cuci tangan setelah menyentuh kutil
  • Menghindari berhubungan badan jika tidak nyaman
  • Oleskan kompres dingin untuk mengurangi rasa tidak nyaman, atau Anda bisa memakai acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil atau Motrin).

Bagi kebanyakan orang rangkaian perawatan pertama tersebut berhasil menghilangkan kutil. Tapi meski kutil hilang dengan pengobatan tersebut kutil mungkin akan kembali lagi karena perawatan bisa menghilangkan kutil, tapi mereka tidak menyembuhkan virus yang menyebabkan kutil.

Dan bagi beberapa orang, genital warts bisa kembali beberapa bulan setelah perawatan terutama jika mereka mengisap rokok, bahkan pada beberapa orang kutil terus kembali setelah jangka waktu yang lama.

Bagaimana Caranya Untuk Mencegah Kutil Kelamin?
 
  • Ada baiknya Anda mendapatkan¬† vaksin HPV, karena dengan adanya vaksin dapat melindungi terhadap dua jenis HPV yang menyebabkan 90 % dari semua kasus genital warts.
  • Menjauhkan diri dari segala macam aktivitas seks atau tidak menggunakan seks toys bekas orang lain.
  • Jika Anda terpaksa melakukan hubungan seks dengan vagina atau dubur, maka gunakan kondom setiap saat karena bisa mengurangi risiko genital warts.
  • Berhenti merokok, karena diketahui perokok mungkin lebih cenderung mengembangkan genital warts daripada bukan perokok.