Mungkin hampir sebagian besar orang yang mengalami ambeien akan segera mengobatinya dengan cara medis BuletinSehat, memang hal tersebut sangat dianjurkan akan tetapi ambeien tersebut dapat disembuhkan dengan cara alami.

Penyakit ambeien (Hemoroid) ataupun yang biasa dikenal masyarakat luas sebagai wasir adalah sebagai tumpukan yang berada di bagian anus bawah dan tentu saja sangat mengganggu bukan? Apalagi dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Namun Anda jangan khawatir karena meskipun penyakit ambeien sangat tidak menyenangkan dan menyakitkan tetapi penyakit ini dapat dengan mudah diobati dan sangat mudah untuk dicegah.

Lalu, Bagaimanakah Cara Mengobati Ambeien?

Dengan Mandi Berendam Dengan Air hangat
 
Dipercayai bahwa dengan mandi berendam dengan air hangat dapat mengobati ambeien. Caranya adalah dengan merendam dalam bak mandi penuh dengan beberapa inci air hangat selama sekitar 15 menit.

Lakukan hal tersebut sebanyak dua atau tiga kali sehari dan setelah setiap buang air besar. Perlu diingat Jika Anda ingin mencuci daerah tersebut janganlah sekali-kali menggunakan sabun ber pengharum dan jangan menggosok nya.

Menggunakan Bedak Cair

Krim bersama bedak cair dapat meringankan rasa sakit dan gatal yang diakibatkan oleh ambeien tanpa efek samping. Akan tetapi jangan gunakan menyatu dengan krim hydrocortisone selama lebih dari seminggu kecuali dokter Anda mengatakan itu baik.

Menggunakan Kompres Es

Caranya adalah dengan meletakkan kompres dingin kecil di daerah ambeien beberapa kali sehari karena hal ini dapat menurunkan pembengkakan dan nyeri akibat ambeien untuk sementara waktu.

Menggunakan Obat

Namun Anda harus mempertimbangkan obat penghilang rasa sakit untuk menghilangkan ambeien seperti acetaminophen, aspirin, atau ibuprofen.

Minum Banyak Cairan

Tetap ter hidrasi dengan baik merupakan cara mengobati ambeien karena berfungsi untuk menjaga feses tetap dalam keadaan lunak sehingga mereka lebih mudah untuk dibuang.

Dan minum air putih adalah pilihan terbaik untuk itu Anda harus minum air sepanjang hari, namun Anda juga bisa mengkonsumsi sari buah kismis adalah pencahar alami dan dapat membantu Anda untuk membuang air besar.

Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi
 
Makanan berserat tinggi terdapat pada buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Karena diketahui dengan mengkonsumsi makanan tersebut dapat melunakkan tinja dan akan membantu Anda menghindari mengejan yang bisa memperburuk gejala ambeien yang ada.

Jangan Gunakan Kertas Toilet Kering

Untuk membantu menjaga wilayah anus tetap bersih setelah buang air besar maka gunakan handuk lembab atau kertas toilet basah yang tidak mengandung parfum atau alkohol.

Dengan Menggunakan Lidah Buaya

Cara mengobati ambeien selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya, pertama ambillah lidah buaya yang secukupnya kemudian potong ujung dan pangkalnya kemudian cuci dengan air bersih dan diparut.

Kemudian setelah diparut dan disaring lalu diperas menggunakan sendok agar lendirnya keluar lalu tambahkan 2 sendok madu dan 70 cc air putih matang, kemudian minumlah ramuan tersebut sekali sehari.

Dengan Menggunakan Daun Sirsak

Caranya mengobati ambeien selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirsak siapkan terlebih dahulu 10 lembar daun sirsak yang sudah dibersihkan, kemudian rebus lah daun sirsak tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas dan minumlah ramuan alami tersebut secara teratur.

Itulah tadi berbagai macam cara mengobati ambeien secara alami dan misalkan Anda sudah mencoba tips diatas namun tidak kunjung sembuh juga, maka segeralah konsultasikan kepada dokter.