Sunat merupakan proses bedah yang dilakukan dengan melakukan pelepasan kulup yang menutupi kepala penis. Biasanya sunat dilakukan saat masih anak-anak, namun bagaimana jika seseorang telah beranjak dewasa? Apakah masih perlu untuk dilakukan sunat?

Sunat pada usia dewasa merupakan pilihan pembedahan dengan melakukan penghapusan kulup yang telah menutupi kepala penis, dimana saat masa kanak-kanak belum melakukan sunat. Umumnya sunat dilakukan untuk berbagai alasan, antara lain yaitu:

Alasan medis

Pada orang dewasa, sunat dilakukan karena kulup penis terlalu ketat sehingga tidak dapat ditarik kembali ke atas kepala penis atau yang lebih dikenal dengan sebutan fimosis

Alasan agama dan budaya

Sunat merupakan sebuah praktek yang pada umumnya telah dilakukan oleh orang-orang yahudi dan islam, serta pada masyarakat afrika. Biasanya sunat dilakukan sejak masih kecil atau masih kanak-kanak

Pencegahan HIV

Penelitian membuktikan bahwa sunat terbukti dapat mengurangi resiko terinfeksi virus HIV. Bahkan di beberapa negara Afrika dilakukan program sunat untuk melakukan pencegahan penyakit raja singa atau HIV.

Sunat merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan bagi orang dewasa, oleh karena itu untuk mengetahui berbagai informasi mengenai sunat dewasa, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai hal tersebut.

Resiko Sunat Dewasa

Terdapat beberapa resiko yang dapat terjadi apabila melakukan sunat ini, mulai dari terjadinya pembengkakan, pendarahan serta infeksi dapat mengancam orang yang melakukan sunat ini. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab terjadinya hal tersebut dapat terjadi pada sekitar 1 dari 50 orang yang melakukan sunat ini.

Pada umumnya sunat dewasa merupakan salah satu prosedur kategori aman untuk dilakukan, namun meski seperti itu ada juga beberapa resiko yang dapat terjadi akibat prosedur ini. Resiko yang terjadi selama prosedur ini antara lain yaitu bagian penis, prostat, saluran kemih, pembuluh darah atau saraf kemungkinan besar akan mengalami luka. Hal tersebut akan menyebabkan masalah saat Anda sedang buang air kecil atau saat melakukan hubungan seks.

Selain itu Anda mungkin juga mengalami nyeri panggul, mati rasa pada penis, atau mengalami pembengkakan. Anda juga kemungkinan mempunyai ereksi jika kondisi Anda belum benar-benar pulih, sehingga akan menyebabkan jahitan atau perekat robek dan membuat sayatan bedah terbuka kembali. Kondisi tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan operasi lain untuk mengangkat beberapa kulit yang masih tersisa pada kepala penis.

Walaupun resiko sunat dewasa rendah, namun masih tetap lebih tinggi jika dibandingkan dengan sunat pada anak-anak. Oleh karena itu untuk melakukan sunat ini, Anda perlu melakukan beberapa persiapan seperti:

Seminggu sebelum prosedur

Sebelum dilakukannya prosedur sunat dewasa ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Meminta kepada anggota keluarga atau teman agar mengantarkan Anda pulang setelah melakukan prosedur, dan jangan pernah menyetir sendiri ke rumah
  • Tanyakan kepada dokter Anda sebelum melakukan prosedur, apakah Anda harus berhenti melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda.
  • Beritahukanlah riwayat kesehatan Anda kepada dokter
  • Mintalah saran mengenai peraturan makan dan minum sebelum anda melakukan prosedur.
Hari prosedur

Saat memasuki hari prosedur dilaksanakannya prosedur sunat, maka yang wajib dilakukan adalah:

  • Mengingat waktu dan lokasi prosedur akan dilaksanakan
  • Mengingat serta menulis perlengkapan apa saja yang harus dibawa
  • Jika Anda memakai lensa kontak, maka segeralah lepaskan dan gunakan kacamata sebagai gantinya
  • Sebelum dilakukannya operasi, biasanya Anda akan diberikan obat mengantuk. Jika Anda mempunyai masalah dalam menggunakan anestesi di masa lalu, maka segera beritahukan hal tersebut kepada dokter yang akan melakukan operasi.
  • Jika Anda atau keluarga dekat diberikan formulin, maka jawablah semua pertanyaan tersebut, lalu tanda tangani.
Setelah prosedur

Saat melakukan prosedur, biasanya Anda akan dibaringkan pada tempat tidur, dan akan beristirahat untuk sementara waktu. Hal ini disebabkan prosedur yang akan dijalankan akan sangat melelahkan. Selain itu akan dilakukan pengecekan terhadap kondisi Anda, untuk memastikan tidak ada masalah yang sangat serius yang Anda alami. Biasanya dokter juga akan menggunakan perban untuk menjaga daerah jahitan agar tetap bersih dan kering. Setelah menyelesaikan prosedur, dokter akan melepaskan perban untuk melakukan pemeriksaan jahitan., kemudian tanyakan kepada dokter bagaimana cara merawat luka Anda setelah melakukan prosedur sunat dewasa.

Masa pemulihan

Saat Anda selesai melakukan prosedur dan keluar dari rumah sakit, maka Anda akan diberikan saran mengenai cara pemulihan di rumah, termasuk saat berkendara, bekerja, dan melakukan hubungan seks. Pada umumnya dalam waktu 10 hari penis Anda akan sembuh, dan selama itu Anda akan mengalami beberapa ketidaknyamanan serta terjadinya pembengkakan pada sekitar kepala penis. Jika terjadi peningkatan suhu, mengalami pendarahan, berwarna kemerahan, serta munculnya rasa nyeri persisten pada penis Anda maka segeralah menghubungi dokter mengenai hal itu agar diberikan tindakan yang diperlukan.

Itulah beberapa informasi mengenai sunat dewasa. Jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai sunat jenis ini secara lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.