Bintitan yang biasa dikaitkan dengan kebiasaan mengintip ini merupakan kondisi munculnya bintil yang mirip jerawat atau bisul di tepi kelopak mata.

Pernah mendengar tentang bintitan? Biasanya kondisi yang satu ini dihubungkan dengan kebiasaan orang yang senang mengintip, padahal kedua hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali. Dalam bahasa medis, bintitan disebut dengan hordeolum. Bintitan adalah kondisi dimana terdapat bintil mirip jerawat atau bisul yang biasanya terasa menyakitkan dan muncul di tepian kelopak mata. Umumnya bintitan tidak mempengaruhi kondisi penglihatan penderitanya. Dan biasanya bintitan ini juga hanya muncul pada salah satu mata saja.

Kondisi yang paling umum terjadi ketika bintitan adalah munculnya bintitan di luar bagian kelopak mata. Namun tidak menutup kemungkinan juga bintitan muncul di bagian dalam, dan bintitan pada bagian dalam lebih terasa menyakitkan daripada yang tumbuh di luar kelopak mata. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai bintitan.

Gejala Bintitan

Bintitan biasanya ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang mirip bisul dan berwarna merah di tepi kelopak mata. Selain itu bintitan juga akan diikuti oleh gejala-gejala berikut ini:

  • Mata akan terus berair
  • Mata dan juga kelopak mata menjadi merah
  • Bengkak dan nyeri pada kelopak mata

Tidak diperlukan penanganan khusus untuk bintitan, karena biasanya bintitan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, bukan berarti bintitan tidak bisa menimbulkan komplikasi. Untuk itu, periksakan diri segera ke dokter jika bintitan tidak membaik setelah 2 hari, dan bengkak sudah menyebar pada bagian lain seperti pipi.

Penyebab Dan Faktor Resiko Bintitan

Bintitan disebabkan oleh bakteri yang bernama bakteri stafilokokus. Bakteri ini bisa menimbulkan infeksi yang terjadi di akar bulu mata, kelenjar minyak, dan juga kelenjar keringat. Bakteri ini biasanya hidup di kulit manusia tanpa menimbulkan penyakit. Namun resiko terjadinya bintitan akan lebih meningkat jika kita menyentuh bagian mata dengan menggunakan tangan yang kotor. Ada pula beberapa faktor resiko lain, yaitu:

  • Penggunaan kosmetik yang sudah kadaluwarsa, terutama kosmetik yang digunakan pada bagian mata.
  • Kebiasaan tidak membersihkan kosmetik ketika akan tidur. Kebiasaan seperti ini bukan hanya bisa menimbulkan jerawat, namun juga bisa menyebabkan munculnya bintitan.
  • Menggunakan lensa kontak yang tidak steril ataupun tangan yang tidak bersih ketika menggunakannya.
  • Mengidap radang di kelopak mata atau blefaritis, khususnya yang sudah kronis. Hal ini bisa disebabkan karena infeksi bakteri ataupun komplikasi karena penyakit kulit rosaseae.

Pengobatan Bintitan

Biasanya bintitan akan sembuh sendiri dalam waktu 7-20 hari, setelah bintitan pecah dan mengeluarkan nanah. Namun jangan sampai Anda memencet bintitan, karena bisa menimbulkan infeksi yang bisa menyebar ke bagian lain.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala bintitan dan juga rasa tidak nyaman karena bintil yang muncul di kelopak mata:

  • Jaga kebersihan mata. Hindari menggunakan kosmetik untuk sementara waktu, agar bintitan mereda, dan sembuh dengan lebih cepat. Sebaiknya Anda juga jangan dulu memakai lensa kontak sampai bintitan sembuh total.
  • Kompres air hangat. Kompres kelopak mata yang tumbuh bintitan dengan menggunakan air hangat selama 5-10 menit. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit karena bintitan dan juga mempercepat penyembuhan.
  • Konsumsi obat. Biasanya obat yang dikonsumsi adalah analgesik ataupun obat pereda nyeri, jika penggunaannya dibutuhkan.

Pencegahan Bintitan

Bintitan juga bisa dicegah dengan langkah-langkah menjaga kebersihan mata berikut ini:

  • Hindari kebiasaan menggosok-gosok mata, karena bisa menyebabkan iritasi ataupun berpindahnya bakteri ke bagian mata.
  • Mencuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum menyentuh mata. Anda juga bisa menggunakan kacamata pelindung ketika membersihkan rumah untuk menghindari debu yang masuk ke mata.
  • Cuci tangan terlebih dahulu sebelum memakai lensa kontak. Jangan lupa juga sterilkan lensa kontak sebelum dipakai.
  • Hindari menggunakan kosmetik yang kadaluwarsa. Bersihkan kosmetik ketika Anda akan tidur, untuk mencegah munculnya bintitan.
  • Tangani dengan segera jika terjadi infeksi ataupun inflamasi di kelopak mata.